Kamis, 03 September 2009

Tipuan Di FaceBook Rugikan Seorang Wanita Sampai 40jt

Tipu-tipu di Facebook memakan korban seorang wanita Amerika Serikat. Ia kehilangan uang US$ 4000 atau sekitar Rp 40 juta yang dikirimkan pada seseorang yang menyamar sebagai seorang temannya di Facebook.



myspace.com

Kasus ini bermula ketika rekan korban yakni Grace Perry tak bisa mengakses account Facebooknya. Menurut polisi, seseorang berhasil menjebol account-nya, menyamar sebagai Parry, lalu mengirim pesan kalau Parry ditahan di London dan membutuhkan uang.

Rekan-rekan Parry pun mendapat kiriman pesan tipuan tersebut. Selain itu, sebagian dari mereka juga ditelepon oleh pria beraksen Inggris yang mengklaim sebagai aparat imigrasi.

"Dia berkata kalau Parry dan suaminya ditahan dan dibutuhkan uang untuk memulangkan mereka kembali ke rumah," tukas opsir Jason Selzer seperti dikutip dari eTaiwanNews, Kamis (3/9/2009).

Parry sebenarnya sudah mencoba untuk memperingatkan teman-temannya mengenai pesan palsu tersebut. Namun tetap saja seorang temannya terlanjur menjadi korban dan mengirim banyak uang pada sang penipu.

Selzer pun menghimbau para pengakses internet agar lebih hati-hati. Langkah prevetif misalnya mengganti password secara berkala, waspada terhadap situs phishing dan selektif memposting informasi pribadi.

Sedangkan pihak Facebook yang diwakili juru bicaranya, Simon Axten menyatakan kasus semacam itu tidak umum terjadi. Kaum kriminal biasanya mendapat informasi login user via situs phishing, yakni situs palsu yang menyerupai situs asli


Sumber : Dato

0 comments:

Posting Komentar