Selasa, 12 April 2011

Download Kencang dengan lftp

Karena rasa ingin tahu atau lebih tepat dikatakan penasaran,saya sering mendownload banyak file yang jika dilakukan secara biasa akan memakan waktu berhari-hari, untuk mengatasi masalah tersebut akhirnya saya googling dan menemukan sebuah artikel menarik berjudul unduh-super-cepat-menggunakan-lftp,cuma sayangnya atau kebetulannya aplikasi ini adanya di linux dkk. Agar lebih jelas dan demi membantu memasyarakatkan penggunaan linux, maka artikel tersebut saya tulis ulang di bawah ini tanpa seizin penulisnya (maaf ya mas ya). sbb :
Unduh Super Cepat Menggunakan lftp

Hanya dengan sedikit perintah di terminal dan program lftp, kita sudah mendapatkan sebuah pengelola unduhan dan penggegas unduhan (terjemahan versi saya sendiri dari download manager dan download accelerator) yang cepat/mampu memanfaatkan seluruh kapasitas lebar pita (bandwidth) yang anda miliki. Saya sudah merasakan sendiri kehebatan program Linux yang satu ini, bahkan saat pengelola unduhan lain hanya mampu menggenjot kecepatan antara 1KB/s s.d. 10KB/s lftp mampu mendapatkan kecepatan diatas 50KB/s. Tapi harap diingat bahwa semua aktivitas internet lain dapat terganggu karena perkakas yang satu ini.
Okelah, tanpa berpanjang cerita lagi berikut ini perintah lftp dengan opsinya yang biasa saya gunakan untuk menyedot lebar pita di kantor.
lftp -c "pget -c -n 100 http://blankon.cbn.net.id/blankon10022005-1.0.iso"
Penjelasan:
  • lftp -c: opsi -c berarti kita memanggil perintah tertentu yang didukung oleh lftp, perintah dimasukkan dalam tanda kutip ganda
  • pget: perintah ini untuk mendapatkan sebuah berkas dengan banyak koneksi sekaligus
  • -c: opsi -c pada pget berguna untuk melanjutkan unduhan
  • -n 100: opsi ini memberitahu pget untuk menggunakan koneksi sebanyak 100, manual pget sendiri mengatakan bahwa opsi ini akan sangat mempengaruhi koneksi secara keseluruhan
Karena perkakas ini sangat rakus lebar pita maka ada baiknya jika rekan-rekan menggunakannya secara bijaksana agar tidak mengganggu koneksi internet di jaringan. Saya pribadi biasanya menjalankan perintah ini saat akan pulang dari lab pada malam atau sore hari.



Sumber: adibaskom.co.cc

5 comments:

taufick mengatakan...

cara gunainnya gmn gan ?
lewat terminal ya gan ?

Uncle Chan mengatakan...

yup,, tepat sekali..
silahkan dicoba..

r10 mengatakan...

di repo ubuntu masih ada?

Anonim mengatakan...

mas itu yang di ujung-a "http://blankon.cbn.net.id/blankon10022005-1.0.iso" link downloadnya ya..??
atau gimna mas..??

Uncle Chan mengatakan...

iya, link untuk download iso blankon

Posting Komentar