Selasa, 07 September 2010

Remote Desktop dengan Ubuntu

Pada oprekan kali ini saya akan mengeksplorasi tentang Remote Desktop
Connection di sistem operasi Ubuntu. Karena penasaran dengan aplikasi
bawaan Ubuntu yang satu inilah yang mendasari saya mencobanya. Remote
Desktop Connection adalah salah satu aplikasi yang sudah ada (include)
saat kita menginstall Ubuntu. Dengan menggunakan Remote Desktop
Connection, kita bisa mengendalikan komputer lain secara langsung
seperti kita sedang menggunakan komputer tersebut. Nah langsung saja
kita praktek.... heheheh..

Saat kita menginstall sistem operasi Ubuntu, maka secara otomatis maka perangkat lunak Remote Desktop Connection akan terpasang (untuk versi Dekstop). Untuk menjalankan Remote Desktop Connection di Ubuntu, ikutilah tahapan berikut ini :

  • Bekerja di Komputer yang akan diRemote (server)
    1. Masuk ke menu System --> Preference --> Remote Desktop.
    2. Setelah itu ceklis Allow other user to view your desktop, sehingga server Remote Desktop Connection berjalan, dan client dapat mengakses komputer tersebut :
    3. Ingatlah IP Address atau hostname komputer server Remote Desktop Connection tersebut, ini penting karena client akan mengakses server menggunakan IP Address tersebut atau hostname tersebut. Pada gambar di atas terlihat jika komputer server menggunakan IP Address 192.168.132.70 dan hostnamenya adalah ch0by-reSX4.local
Bekerja di Komputer yang akan meRemote (client)
Setelah sebelumnya kita menjalankan server Remote Desktop nya, sekarang saatnya mengakses server tersebut dari client dan untuk mengaksesnya kita harus menggunakan aplikasi Remote Desktop Viewer. Kita tidak perlu menginstallnya karena secara otomatis telah terpasang pada Ubuntu. Untuk menjalankan Remote Desktop Viewer ikuti tahapan berikut :
  1. Jalankan perangkat lunak Remote Desktop Viewer lewat menu Applications --> Internet --> Remote Desktop Viewer
  2. Setelah itu klik tombol Connect untuk membuat sebuah koneksi ke server Remote Desktop Connection.
  3. Masukan lokasi server yang akan di akses, kita bisa menggunakan host name ataupun ip address server. Saya sarankan menggunakan ip address server agar lebih aman, sehingga isi host nya menjadi seperti ini :
  4. Setelah itu klik tombol Connect, dan sekarang kita sudah dapat mengendalikan komputer server sehingga tampak seakan-akan kita sedang menjalankan sistem operasi virtual :
Nah gampang bukan, ternyata ini toh fungsinya aplikasi Remote Desktop bawaan Ubuntu, menarik juga... ini berfungsi juga lho untuk pemantauan aktifitas, seandainya kita jadi bos, kita pantau aja kegiatan tiap karyawan kita, atau kalo di laboratorium komputer, kita bisa memantau aktifitas para user ngapain aja, klo ada yang aneh2 tinggal kasih pesan aja tau restart komputernya... hhahahahah... Selamat mencoba...

1 comments:

Admirer mengatakan...

Thank gan asyik nich ..!!

Posting Komentar